Login E-PUPNS


Login E-PUPNS, setelah kemarin kita melakukan Registrasi E-PUPNS, maka langkah selanjutnya adalah mengisi berbagai data PTK yang telah BKN persiapkan sebelumnya. Cara tersebut dengan melalui Login E-PUPNS terlebih dahulu pada website pupns.
Login E-PUPNS
Setelah kita melakukan Registrasi dan telah diverifikasi oleh vrifikator, maka selanjutnya barulah kita bisa login. Jika seumpama kita tidak bisa login, atau lupa username dan password, maka anda tidak perlu khawatir, coba klik Cetak Ulang Kode Registrasi, atau Lupa Kode Register, atau Lupa Kata Kunci, maka anda akan terarah pada tindak lanjut seperti diminta Nama Ibu Kandung atau Pertanyaan Keamanan yang telah anda isi pada waktu melakukan Registrasi.

Jika sudah bisa Login, anda akan dibawa ke tahap selanjutnya seperti pada gambar di bawah ini :
Data Utama
Namun sebelum kta mulai mengisi data dalam E-PUPNS, alangkah baiknya kita mempersiapkan berkas yang kita lampirkan pada lembar Formulir E-PUPNS yang telah kita kirimkan. Jika sudah mempersiapkan data-data yang kita perlukan, barulah kita mengisi Form Data Utama pada gambar di atas dengan tepat dan teliti, jangan sampai anda salah mengisi karena nanti juga anda sendiri yang akan rugi. Jika telah selesai, harap diingat dan jangan sampai lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol simpan di bawah data utama.

Data utama tersebut meliputi NIP baru, Nama yang sesuai dengan pada data base BKN, Gelar Depan, Gelar Belakang, Tempat lahir, Tanggal lahir (format dd-mm-yyyy), Agama, Jenis Kelamin, TMT CPNS, TMT PNS, Golongan Ruang, TMT Golongan Ruang, Pendidikan Terakhir, dan sebagainya. 

Kesesuaia data dapat kita pilih dengan cara klik tombol (ceklis) jika data telah sesuai, dan pilih tombol cakra (x) jika data tidak sesuai, kemudian kolom data perubahan akan muncul. Isi kolom perudahan tersebut dengan keadaan yang sebenarnya sesuai dengan berkas yang asli.

  • Data perubahan akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini :

Data Perubahan
Data perubahan tersebut mengenai perubahan instansi induk, dan lokasi kerja. Jika data sebenarnya tidak sesuai maka klik tombol cakra, kemudian form untuk perubahan tersebut akan muncul. Namun untuk data yang telah sesuai, maka klik tombol ceklis.

Untuk perubahan mengenai Lokasi Kerja, akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini :
Data Perubahan Lokasi Kerja
Isilah form perubahan seperti pada gambar di atas dengan benar. Perubahan data lokasi diantaranya Jenis Lokasi, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa. Tombol + seperti pada gambar di atas menunjukan untuk menambahkan lokasi, dan tanda - untuk menghapus lokasi. Unit Organisasi jika telah sesuai cukup klik tanda ceklis, dan untuk data yang tidak sesuai maka klik tanda cakra (x) kemudian form perubahan akan muncul, pilih sesuai dengan sebenarnya. Data perubahan Unit Organisasi akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini :
Selanjutnya mengisi Nama Jabatan (nama jabatan disesuaikan dengan riwayat jabatan terakhir), TMT Eselon, Eselon (khusus untuk jabatan struktural, nama Eselon dan TMT Eselon diseusaikan dengan riwayat jabatan terakhir), Verifikator Level 1 (verifikasi yang dilakukan pada tahap awal di unit organisasi).

Setelah mengisi Data Utama, selanjutnya PNS akan diwajibkan mengisi Data Riwayat Keluarga. Tahapan ataupun cara pengisiannya sama seperti dengan data utama, jika sesuai maka klik tanda ceklis, dan jika tidak sesuasi maka klik tanda cakra. Data Riwayat Keluarga akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini :
Data Riwayat Keluarga
Seperti kasus pada umunya jika pada saat kita mengisi data riwayat keluarga untuk kasus seperti tidak ditemukannya tempat lahir, maka klik tanda tanya (?) untuk masuk ke system helpdesk. Kemudian isilah dengan NIP Baru dan tempat anda lahir kemudian klik tanda kirim. Setelah mengirim data perubahan tersebut kemudian kita akan menerima nomor tiket permasalahan seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini :
Nomor Tiket Pengaduan Permasalahan
Nomor Tiker Pengaduan Permasalahan
Selanjutnya mengisi data Riwayat Golongan. Cara pengisiannya sama dengan langkah sebelumnya. Data Riwayat Golongan akan ditunjukan seperti pada gambar di bawah ini :
Data Riwayat Golongan
Untuk tahap selanjutnya, yaitu Data Riwayat Pendidikan yang akan ditunjukan seperti pada gambar di bawah ini :
Data Riwayat 

Tahapan-tahapan pengisian selanjutnya dilakukan sama dengan cara pengisian yang telah dijelaskan pada awal pembahasan di atas.

Demikian postingan kali ini mengenai Login E-PUPNS. Terima kasih telah berkenan untuk berkunjung. Mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan di atas. Jika merasa kurang mengerti dalam penjelasan di atas, bisa anda download Buku Petunjuk E-PUPNS di bawah ini



File Terbaru Lainnya :

    Post a Comment

     
    Top